TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA

Kamis, 12 November 2015 09:12:59 - oleh : admin
TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA

Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Toleransi Antar Umat Beragama Tahun 2015 yang dihadiri FKUB Provinsi Jawa Timur bertempat di RM Sebani Bangil. Kegiatan Peningkatan Toleransi Antar Umat Beragama dibuka oleh Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan YUDHA TRIWIDYA SASONGKO, S.Sos, MSi.

Realitas yang tidak bisa dipungkiri bagi bangsa Indonesia adalah adanya pluralitas. Realitas ini merupakan kodrat Tuhan Yang Maha Kuasa. Keanekaragaman suku, agama, ras, bahasa, budaya, adat istiadat merupakan kekayaan Bangsa Indonesia yang harus disyukuri, keanekaragaman ini merupakan potensi yang amat berharga karena bisa menjadi modal utama dan kekayaan bangsa yang besar, untuk menjadi bangsa  maju, adil, makmur, aman, dan damai. Namun demikian sebaliknya keanekaragaman bisa menjadi sumber konflik dan ketidakharmonisan.

Bangsa Indenesia adalah Bangsa yang Religius. Bangsa Indonesia menjunjung tinggi nilai Ketuhanan  Yang Maha Esa. Agama merupakan “the ultimate concern” atau sesuatu yang sangat tinggi nilainya. Agama-agama di Indonesia mengandung substansi yang pada dasarnya mengandung ajaran: ketuhanan, kemanusiaan, kasih sayang, persaudaraan sejati, dan penghargaan terhadap hak-hak manusia. Semua umat beragama menghendaki substansi agama diimplementasikan dalam kehidupan nyata dalam rangka menjawab tantangan zaman, memenuhi kebutuhan dasar manusia (fisik-biologis maupun psikis) seperti kesejahteraan, rasa aman, tentram dalam berinteraksi dengan umat yang berlainan agama. (H. Kasno S)

Informasi "Berita SKPD" Lainnya